Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Merawat Motor Matic Agar Mantul

Informasi Dunia Motor - Punya motor jaman sekarang sepertinya bukan hal yang sulit untuk didapat, karena banyak penyedia kredit motor dengan proses yang mudah. Di indonesia sendiri sudah banyak motor dengan berbagai model-model terbaru terus diluncurkan. Salah satu jenis motor yang memiliki tingkat peminat yang tinggi adalah jenis motor matic.
Cara Merawat Motor Matic Agar Mantul
Banyak alasan seseorang untuk memiliki sebuah motor matic, mungkin mudah dioperasikan dan mudah dibawa dalam perjalanan yang cukup jauh. Dengan hanya mengandal kan rem depan dan rem belakang berada ditangan, memberikan efek santai pada kedua kaki kita, tanpa harus mengoper gigi atau menginjak  rem. Pengguna motor matic hanya menggunakan rem saja, maka dari itu ketika berpergian jarak jauh pengecekan rem di motor matic menjadi hal yang sangat penting.

Kalian pecinta atau pengguna motor matic? Mua dong motor kalian terus sehat wal'afiat tanpa sering terjadi kerusakan atau gangguan pada salah satu kompenen. Jika kita bisa dan rajin merawat si matic akan memberikan poin lebih bagi si pemilik, walau unit motor matic tersebut bukan keluaran motor terbaru. Namun dengan cara merawat yang apik dan terlaten bisa memberikan cahaya bagus kepada motor matic kita dan akan terlihat seperti baru terus, dari segi bodi atau dari segi kerja mesin dll. Nah, bagi kalian yang memiliki motor matic ada tips bagus bahkan harus kalian lakukan agar performa motor matic kalian nyaman terus saat dikendarai. Berikut Tips yang mungkin menjadi kewajib kalian pemilik motor.

Panaskan Mesin Motor


Memanaskan menis motor dipagi hari menurut saya menjadi hal yang wajib harus kalian lakukan karena itu salah satu cara merawat motor matic kalian. Dengan cara seperti ini oli dalam mesin akan melumasi mesin matic dan akan memberikan performa mesin terasa maksimal saat digunakan. Untuk memanaskan mesin motor cukup dengan waktu kurang lebih 15 menit saja, dengan cara menghidupkan mesinnya dengan kick stater (rekomended) menurut saya. Itu bertujuan agar memperhemat battery dan tidak membuat aki soak, karena posisi mesin masih dingin dan belum digunakan.

Bahan Bakar


Menggunakan bahan bakar atau bensin adalah hal yang mungkin bisa dibilang agak rumit. Karena disaat kehabisan bensin, kita bisa saja membeli bensin eceran dijalan yang kita tidak tau itu bensin murni atau bensin oplosan, Maka dari menggunakan bensin berkualitas adalah cara merawat motor matic kalian. Tips: Usahakan mengisin bensin berkualitas di pom bensin resmi agar terhindar dari bensin oplosan yang banyak dijual oleh pihak tak  bertanggung jawab.

Rutin Service


Service motor juga hal yang wajib dilakukan kepada motor matic kita. Setelah kita gunakan dalam waktu yang lumayan lama, masa kita tidak mau merawat si matic dan memberikan kesehatan "motor juga pengen dirawat oleh dokternya hehe" Untuk Service rutin kalian bisa mengunjungi dan melakukan service di bengkel resmi sesuai merek motor yang kalian miliki. Dengan cara sercive yang rutin akan memberikan nilai performa mesin yang halus saat dipergunakan.

Ganti Oli


Jangan tunggu sampai oli motor matic kalian hitam dan mengental, karena itu bisa berefek negatip terhadap mesin. Usahan rajin mengganti oli, dengan selisih waktu yang bisa kalian atur. "Contoh 1 bulan sekali atau atau dengan mengukur dari KM jarak tempuh" Untuk ganti oli motor, bisa dilakukan berbarengan dengan service atau bisa hanya mengganti oli saja, yang terpenting harus rutin dan jangan membiarkan ganti oli dalam jangka waktu yang lama.

Kebersihan


Menjaga kebersihan motor akan memberikan kesan nyaman dipandang, walau motor tua sekalipun jika bersih akan enak untuk kita padangi. Begitupun dengan motor matic kalian, jangan sampai ada rasa malas dalam menjaga kebersihan jagoan matic kalian. Jika motor tidak begitu kotor dan malas cuci, kalain bisa menggunakan lap basah dan membersihkan bagian yang kotor.

Kesimpulan:
itu sebernarnya cara yang mudah yang sudah banyak orang tahu, namun tak ada salahnya saya menuliskan artikel yang menurut pengalaman saya pribadi. Siapa tahu artikel ini bermanfat bagi yang belum tahu dan menambah wawasan luas bagi pembacanya. Akhir kata dari saya kang ramdan salam hangat buat para pecinta roda dua.
Travel & Food Blogger Bandung
Travel & Food Blogger Bandung Admin Asli Orang Bandung Yang Hobi Mengeksplor Berbagai Tempat Menarik di Bandung. Follow My Instagram @saptalan60 / @inibandung.id

Posting Komentar untuk "Cara Merawat Motor Matic Agar Mantul"

loading...