Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Pentingnya Perawatan Sepeda Motor

Informasi Dunia Motor - Penting bagi Anda untuk melakukan perawatan rutin pada kendaraan sepeda motor anda. Tanpa perawatan yang tepat, kendaraan bermotor anda akan jauh lebih rentan terhadap masalah yang lebih serius di masa depan yang dapat menyebabkan anda kehilangan banyak uang.


Dengan melakukan perawatan rutin pada kendaraan Anda, itu akan sangat mengurangi risiko masalah serius yang terjadi di masa depan serta meningkatkan kualitas mengemudi kendaraan Anda. Banyak pemilik kendaraan gagal melakukan tugas perawatan kendaraan yang diperlukan yang sangat penting karena ketidaktahuan, kurangnya kesadaran atau bahkan kemalasan.

Perawatan motor bukan tugas yang sulit bagi sebagian besar pengemudi. Bahkan pengemudi dengan pengetahuan motor yang terbatas dapat melakukan tugas perawatan seperti memeriksa tekanan ban Anda, mengganti oli, dan memeriksa cairan mesin lainnya di kendaraan Anda. Jika beberapa dari tugas pemeliharaan ini membuat Anda sedikit tidak nyaman, maka Anda dapat memeriksa buku pegangan kendaraan yang disertakan dengan setiap kendaraan untuk meminta nasihat, atau bahkan meminta seseorang dengan sedikit pengetahuan untuk mendapatkan bantuan. Tetapi penting bahwa dalam satu atau lain cara, Anda melakukan pemeliharaan rutin.

Risiko Gagal Memelihara Kendaraan Anda

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, kegagalan untuk melakukan perawatan rutin pada kendaraan Anda dapat menyebabkan masalah yang lebih parah di masa depan. Kerusakan mekanis tertentu dapat terjadi yang akan menghabiskan banyak biaya untuk memperbaiki tanpa perawatan kendaraan yang tepat. Beberapa masalah paling mahal yang dapat terjadi akibat tidak memelihara kendaraan Anda dapat ditemukan di bawah:

Memperbaiki atau mengganti silinder - kebutuhan untuk memperbaiki atau mengganti silinder di kendaraan Anda sering merupakan tanda kelalaian yang berkelanjutan. Kegagalan silinder terjadi ketika campuran bahan bakar, udara, dan bunga api yang benar hilang, yang menyebabkan silinder terlalu panas dan kemudian gagal. Biaya untuk mengganti atau memperbaiki silinder dapat mencapai harga yang cukup menguras kantong karena biaya tenaga kerja yang terlibat.

Mengganti unit transmisi - masalah transmisi dapat disebabkan oleh perawatan rutin. Masalah ini jarang terjadi hanya jika pemeliharaan rutin, terutama jika Anda mengikuti panduan pabrik Anda, dilakukan. Tanpa transmisi yang berfungsi penuh, mobil Anda tidak akan dapat berputar dan untuk mengganti rakitan transmisi dapat dikenakan biaya setidaknya mencapai harga yang bikin kamu pusing
.
Mengganti kepala silinder dan busi - tidak mempertahankan kepala silinder dan busi dapat menyebabkan kerusakan mesin. Ketidakcocokan dalam mesin Anda akan menyebabkan silinder memanas dan gagal dan ini dapat menelan biaya hingga garuk-garuk kepala.

Tugas Perawatan Kendaraan Penting

Ada sejumlah tugas perawatan kendaraan yang perlu dilakukan secara teratur untuk mencegah kerusakan serius pada kendaraan Anda. Tugas-tugas ini dapat dilakukan oleh Anda sendiri sehingga tidak ada alasan untuk tidak melakukannya. Beberapa tugas perawatan paling penting yang harus dilakukan oleh setiap pengemudi adalah sebagai berikut: -

Pemeriksaan cairan rutin - sangat penting untuk memeriksa kadar cairan Anda secara teratur seperti oli, cairan transmisi , dan cairan pendingin engine. Jika Anda menemukan salah satu dari ini hampir habis, penting untuk segera menambahkan cairan yang diperlukan. Kegagalan untuk melakukannya dapat menyebabkan mesin gagal karena terlalu panas.

Penggantian oli reguler - oli adalah masa pakai engine Anda, jadi pertama-tama penting bagi Anda untuk memastikan bahwa level oli cukup memadai untuk memungkinkan mesin berjalan dengan lancar. Selain itu, oli harus diganti setiap 3000 mil untuk memastikan kinerja terbaik mesin Anda dan untuk menghindari kemungkinan masalah mesin.

Periksa tekanan ban - memeriksa jumlah udara di setiap ban Anda juga merupakan bagian penting dari perawatan kendaraan. Tidak memiliki tekanan ban yang benar dapat menyebabkan keausan ban berlebih dan mengakibatkan Anda harus mengganti ban lebih teratur. Terlalu banyak udara di ban juga bisa menjadi masalah, karena dapat membuat ban lebih rentan meledak. Anda dapat memeriksa tekanan ban yang ideal untuk kendaraan Anda dengan merujuk ke buku pegangan kendaraan Anda.

Periksa filter udara engine - memiliki filter udara kotor dapat mempersingkat masa pakai mesin dan juga mengurangi jarak tempuh bensin Anda hingga 10%. Anda dapat membersihkan filter udara engine hanya dengan meniup debu yang tertumpuk yang mungkin terkumpul dengan selang udara.
Dengan setidaknya melakukan tugas - tugas perawatan ini secara teratur akan mengurangi kemungkinan masalah yang lebih serius terjadi pada kendaraan Anda. Ini mungkin tampak seperti tugas bagi beberapa pengemudi, tetapi konsekuensi dari kegagalan melakukan hal itu dapat membuat Anda dengan biaya yang besar serta membahayakan keselamatan Anda.

Di FMP Motor Factors kami bekerja dengan jaringan garasi dan dealer mobil yang luas serta masing-masing pemilik mobil untuk menyediakan suku cadang mobil dan oli mesin kualitas terbaik untuk memastikan kelancaran dan pemeliharaan kendaraan Anda.
Travel & Food Blogger Bandung
Travel & Food Blogger Bandung Admin Asli Orang Bandung Yang Hobi Mengeksplor Berbagai Tempat Menarik di Bandung. Follow My Instagram @saptalan60 / @inibandung.id

Posting Komentar untuk "Pentingnya Perawatan Sepeda Motor"

loading...