Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbandingan Suku Cadang Sepeda Motor OEM vs Aftermarket

Informasi Dunia Motor - Dalam memilih suku cadang sepeda motor, saya selalu yang bingung ketika berbelanja untuk suku cadang sepeda motor saya dirumah. Dan saya sangat yakin bahwa kita masing-masing harus bisa memutuskan apa yang terbaik untuk sepeda motor kesayangan kita.

sumber photo: http://indonesian.yuloncasting.com/

Kalau menurut saya pribadi itu tergantung pada apa yang saya cari dan butuhkan, apakah hanya penggantian atau peningkatan kinerja sepeda motor. Ketersediaan bagian,anggaran saya dan hal-hal lainnya. Terkadang saya membeli OEM, atau merk yang lain seperti suku cadang sepeda motor aftermarket.

Apa yang dimaksud dengan suku cadang OEM?

Suku cadang OEM singkatan dari suku cadang Original Equipment Manufacturer yang tidak harus berarti OM (Original Manufacturer) yang benar-benar memproduksinya. Anda tahu, banyak produsen sepeda motor dan mobil tidak memproduksi masing-masing suku cadang yang digunakan dalam kendaraan mereka. Mereka sering memiliki bagian yang dirancang dan diproduksi oleh perusahaan independen luar dan kemudian, memasangnya di mesin mereka atau menempatkannya di kotak mereka sendiri untuk dijual sebagai bagian OEM!

Baik untuk mengetahui kapan membeli Suku Cadang Sepeda Motor OEM:

Saat Anda membeli Suku Cadang Sepeda Motor OEM, Anda membeli suku cadang asli yang sama persis dengan yang digunakan pabrikan untuk membangun sepeda motor Anda, itu artinya:

  • Performa yang sama dengan komponen yang dipasang di sepeda motor Anda saat ini. Bagian tidak akan lebih baik atau lebih buruk daripada bagian asli yang ingin Anda ganti.
  • Biasanya suku cadang OEM lebih (dalam beberapa kasus JAUH lebih) mahal daripada suku cadang aftermarket.
  • Petugas agen sepeda motor dan mobil biasanya akan memberi tahu Anda Suku Cadang OEM berkualitas lebih tinggi dan pilihan terbaik untuk penggantian. Apakah ini benar? Yah kadang-kadang, kadang tidak.
  • Biasanya setelah periode waktu tertentu, pabrikan akan memungkinkan perusahaan yang semula mendesain / memproduksi bagian untuk menjualnya di kotak mereka sendiri dengan biaya yang jauh lebih rendah, menjadikannya: bagian OEM Aftermarket.
  • HATI-HATI jika sepeda Anda masih dalam masa garansi, pastikan Anda hanya menggunakan suku cadang OEM dan memasangnya dengan mekanik resmi. Jika Anda tidak melakukannya, Anda mungkin akan membatalkan jaminan.
Bagaimana dengan bagian Aftermarket?

Suku cadang aftermarket harus berkinerja sebaik suku cadang OEM tetapi diproduksi oleh perusahaan selain pabrikan asli. Yang perlu diketahui saat membeli Suku Cadang Sepeda Motor Aftermarket:

  • PASTIKAN PERIODE JAMINAN ANDA TERLALU. Dalam banyak kasus, Anda dapat MENGEMBALIKAN jaminan Anda jika Anda memiliki bagian aftermarket yang dipasang oleh mekanik yang tidak sah di mesin Anda. Saya tahu saya mengatakannya sebelumnya, tetapi perlu diulang; Saya kebetulan pada saya.
  •  Bagian aftermarket yang sepadan Suku cadang sepeda motor Suzuki biasanya lebih murah daripada suku cadang OEM. Terkadang hingga 70% lebih murah.
  • Suku cadang aftermarket dapat memiliki kualitas yang lebih rendah, sama atau lebih tinggi dari aslinya.
  •  Ketika membeli bagian aftermarket pastikan Anda mendapatkan SETIDAKNYA kualitas yang sama dengan bagian OEM. Jika mungkin cobalah untuk mendapatkan ulasan tentang merek dan kinerja. Anda dapat melakukannya di Internet, dengan mekanik favorit Anda atau dengan sesama pembalap.
  • Jika Anda mencari suku cadang dan perangkat berkinerja tinggi, Anda tahu jenisnya: serat karbon, titanium, komponen aluminium luar angkasa dan gizmos, nah Anda mungkin akan menemukan mereka sebagai suku cadang sepeda motor aftermarket.


Nah itulah sedikit perbandingan atau perbedaan antara suku cadang Sepeda Motor OEM vs Aftermarket. Untuk penggunaan suku cadang sepeda motor itu semua tergantung kebutuhan masing-masing orang, kalau menurut saya pribadi keduanya memiliki point yang bagus bagi kendaraan sepeda motor kesayanagan kalian.

Posting Komentar untuk "Perbandingan Suku Cadang Sepeda Motor OEM vs Aftermarket"