Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5+ Kunci Tambahan Untuk Pengaman Motor dan Mempersulit Maling

KUNCI ANTI MALING - Tindak kerimal pencurian motor atau curanmor memang tak dapat dihindari, kejadian seperti ini sudah berlangsung sejak lama dan terus terjadi sampai sekarang. Para pelaku curanmor sendiri sepertinya memiliki banyak cara untuk mendapatkan mangsa dan motor sasarannya.

Terkadang pelaku kejahatan curanmor memang tidak selalu ada niat, tetapi kadang mereka memiliki kesempatan dan peluang. Maka dari itu, para pemilik motor harus selalu waspada saat parkir kendaraan motornya dimanapun tempatnya. Jangankan di tempat parkir umum, parkir di dalam rumah saja bisa rawan dari curanmor.

Sejauh ini tak ada kunci pengaman motor anti maling, tugas kunci pengaman adalah mempersulit agar pelaku kejahatan curanmor memakan waktu lebih lama dan tak bisa buru. Apabila kalian hanya mengandalkan kunci pengaman dari kunci stang aja, itu sangat mudah bagi pelaku curanmor untuk membawa kabur sepeda motor kesayangan kalian

Banyak yang selalu menyarankan agar kita selalu waspada dan selalu menggunakan "kunci pengaman motor tambahan", agar pelaku curanmor berfikir 2 kali saat mau melakukan kejahatannya.

Untuk meningkatkan keamanan sepeda motor kalian disaat parkir. Berikut jenis kunci tambahan pengaman motor ketika motor kalian parkir di sembarang tempat. Bahkan jika anda parkir di tempat yang terasa aman pun, jangan pernah sesekali parkir tidak menggunakan kunci pengaman tambahan anti maling.

Berikut Daftar Kunci Pengaman Tambahan Yang Buat Ribet Maling

1. Penambahan Alarm

Bagi pengguna sepeda motor yang sudah habis masa garansi resminya. Bisa melakukan cara menambahkan kaemanan motor dengan tambahan alarm. Cara ini cukup efektif karena posisinya tidak akan terlihat oleh orang atau  maling sekalipun..

Mengapa saya bilang harus yang sudah habis masa garansi resminya?  Karena cara ini harus menyambungkan dengan salah satu kabel yang berada di dalam mesin, yang pasti akan menyebabkan garansi resmi motor hangus. Jadi lebih tepatnya cara ini buat motor yang sudah habis masa garansinya, namun tidak ada larangan juga, apabila kalian tetap mau memasangnya pengaman alarm ini.

2. Kunci Ganda

Kunci pengaman motor anti maling jenis kunci ganda ini sering digunakan pada motor lawas. Kunci ganda atau istilah lainnya adalah kunci sokbreker menggunakan kunci jenis nazi yang cukup sulit untuk diduplikasi.

Penggunaan pengaman motor jenis kunci ganda ini terbilang cukup mana, karena tidak akan mudah dimaling oleh pelaku curanmor kelas teri. Bahkan pelaku curanmor kelas kakak pun akan memakan waktu yang agak lama, untuk membobol kunci pengaman anti maling ini. Namun ini bukan jaminan 100%  motor kalian aman dari maling. Karena sudah menjadi rahasia umum, bahwa otak kejahatan selalu lancar dalam menjalankan aksinya.

3. Kunci Pengaman Tuas Rem 

Beberapa waktu lalu ada kunci pengaman motor anti maling yang dipasang di bagian setang dan tuas rem ini mulai banyak yang menggunakannya. Kunci pengaman tambahan ini memiliki nilai plus dan minus, plusnya karena sudah terlihat dari awal menggunakan kunci pengaman di bagian atas, mungkin pelaku curanmor berfikir 2 kali untuk membobol motor kalian. Minusnya material besi yang digunakan untuk kunci pengaman motor tuas rem ini menggunakan kurang baik.

Namun tidak ada salahnya bagi kalian yang ingin membeli atau mencoba kunci pengaman anti maling jenis ini.

4. Key Shutter

Key Shutter adalah kunci magnet pengaman anti maling, kunci pengaman ini bawaan dari pabrik ini terdapat di motor-motor keluaran terbaru. Cara ini cukup efektif untuk menghindari tingkat kerimal pencurian motor.

Walau pada dasarnya kunci anti maling magnetik ini memberikan keamanan dari tingkat pelaku curanmor. Namun tetap perlu waspada karena ada beberapa pelaku curanmor yang pandai dan lihai membobol kunci tambahan pengaman Key Shutter.

5. Kunci Pengaman Rantai

Menambahkan keamanan saat parkir motor dengan menggunakan kunci dari rantai terbilang cukup efektif. Karena penggunaanya langsung mengunci antara velg ke fork atau bisa juga ke cakram.

Kekurannya menggunakan kunci anti maling dari ranti, yaitu cukup ribet saat membawa dan menggunakannya. Karena kalian harus menggunakan rantai yang agak besar, jika rantai kecil akan terasa percuma karena akan mudah diakali oleh pelaku curanmor.

6. Gembok Alarm

Ada yang unik dari kunci anti maling gembok alarm. Yaitu gembok ini memiliki alarm aktif, apabila bagian gembok terkena pukulan atau getaran yang cukup keras, "maka alarm akan otomatis berbunyi". Yang pastinya akan membuat panik pelaku curanmor.

Itulah beberapa kunci pengaman anti maling dari sekian banyak kunci pengaman yang dijual dipasaran. Untuk mendapatkan kunci pengaman anti maling, kalian bisa beli di toko aksesoris motor atau di marketplace.

Mungkin menggunakan kunci tambahan bisa dibilang repot dan nambah kerjaan, namun demi keamanan hal seperti ini menjadi kewajiban yang perlu kalian lakukan. Mengingat tingkat kejahatan curanmor yang kian meningkat, jadi lebih baik sedia payung sebelum hujan. Karena kejahatan selalu mengintai di sekitar kita. Ingat kata bang napi "WASPADALAH WASPADALAH"

Catatan: Saran dari saya gunakanlah kunci pengaman motor anti maling yang memiliki kualitas bagus dan berstandar SNI. Demi menjaga mengurangi tingkat kejahatan yang kerap terjadi dimana-mana.

Posting Komentar untuk "5+ Kunci Tambahan Untuk Pengaman Motor dan Mempersulit Maling"