Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Tips Memilih Ban Motor Untuk Musim Hujan

Ban merupakan salah satu komponen terpenting dalam sebuah kendaraan. Pemilihan merk dan jenis ban motor menentukan pada keamanan dan kenyamanan berkendara.

Banyak jenis ban motor yang di jual di pasaran dengan berbagai merk dan jenis sesuai kebutuhan. Disini para pemilik kendaraan bermotor harus tahu dan bisa memilih jenis ban motor yang berkualitas sesuai SNI. Dengan tujuan agar pengendara merasa aman ketika mengendarai motor kesayangan.

Dari sekian banyak jenis ban motor yang cocok buat kendaraan roda dua kalian. Yuk, simak tips memilih ban motor yang cocok digunakan ketika di musim hujan.

1. Gunakan Ban Dengan Motif Kembangan Rapat

Ketika musim hujan, sebaiknya pasang kendaraan motor anda dengan ban yang masih memiliki kembangan cukup dalam dan motif rapat.

Sekedar untuk diketahui bahwasanya motif pada ban memiliki fungsi untuk memecah air dengan sempurna ketika ban digunakan untuk melewati genangan air.

“Ban yang dirancang untuk jalanan basah punya ciri pada model tapaknya. Seperti ada corakan hingga ke arah samping atau dinding ban".

2. Pakai Ban Standar

Menggunakan ban motor standar rekomendasi pabrikan memang menjadi salah satu tips terbaik. Pabrik ban di Indonesia sudah menyesuaikan dengan kondisi jalanan di Tanah Air, saat musim panas maupun hujan untuk berkendara dengan baik.

Jadi intinya jangan sembarangan memilih Ban motor yang di luar standar pabrik ban Indonesia. Penggunaan ban motor mempengaruhi kegiatan anda saat berkendara.

3. Gunakan Ban Berteknologi Silica

Ban yang berteknologi Silica ini telah diklaim mampu membuat ban memiliki daya cengkraman lebih baik terhadap permukaan jalan.

Ban Berteknologi Silica memberikan kenyamanan saat melewati tikungan atau jalan yang basah. Ban dengan teknologi ini juga mampu memberikan tingkat keawetan 

4. Jangan Gunakan Ban Semi Slick

Ban Semi Slick memiliki tampilan yang menawan. Namun dalam pemakaiannya, ban ini cenderung lebih cepat habis daripada ban normal pada umumnya

Jangan kaget kalau ban semi slick terasa cepat habis, karena memang dirancang dengan ketebalan kembangan yang lebih tipis dibanding ban pabrikan lainnya.

Ban Semi Slick tidak cocok digunakan pada musim hujan, karena jenis ban semi slick tidak bisa mencengkram kuat pada jalanan yang basah.

5. Gunakan Ban Sesuai Velg

Menghadapi musim penghujan, pastikan ban sesuai ukuran velg yang direkomendasikan. Pilih ban dengan pattern yang sesuai untuk lintasan basah. Dengan menggunakan ban motor sesuai velg akan mengurangi tingkat kecelakaan yang disebabkan jalanan licin.

Artikel di atas merupakan beberapa tips bagi memilih ban motor yang tepat saat berkendara di musim hujan. Sedikit masukan, kurangi kecepatan berkendaraan di jalanan yang basah.

Beberapa Merk Ban Motor Berkualiatas

Berikut rekomendasi merk ban motor berkualitas, kalian bisa pilih sesuai kebutahan dan budget yang dimiliki.
  • Ban Michelin
  • Ban IRC
  • Ban Pirelli
  • Ban Dunlop
  • Ban Corsa
  • Ban Aspira
  • Ban Swallow
  • Ban FDR
  • Ban Zeneos
  • Ban Maxxis
  • Dan masih banyak merk ban motor berkualitas lainnya
Travel & Food Blogger Bandung
Travel & Food Blogger Bandung Admin Asli Orang Bandung Yang Hobi Mengeksplor Berbagai Tempat Menarik di Bandung. Follow My Instagram @saptalan60 / @inibandung.id

Posting Komentar untuk "Tips Memilih Ban Motor Untuk Musim Hujan"

loading...