Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Masalah dan Cara Merawat Busi Motor Agar Awet

BERITA OTOMOTIF - Sepeda motor yang sering digunakan jarak jauh, pastinya akan menyebabkan performa roda besi tersebut menurun. Itu menjadi hal wajar, namun ada baiknya sebagai pemilik kendaraan untuk selalu memperhatikan dan merawat kendaraan yang sering kita gunakan untuk aktivitas sehari-hari.

Jadi hal utama yang harus dilakukan oleh seorang pemilik kendaraan sepeda motor adalah merawatnya dengan baik serta melakukan service secara teratur. Ini menjadi hal wajib yang harus dilakukan, seperti ganti oli mesin, service mesin, dan cek onderdil motor, agar staminanya tak merosot.

Pada kesempatan kali ini saya admin blog otomotif https://ramdan.id akan menuliskan seputar masalah yang sering terjadi pada busi. Serta cara menangani agar kinerja busi pada sepada motor kalian tidak mengalami masalah.

Busi merupakan suatu alat kecil atau suka cadang yang berfungsi untuk membakar bensin setelah di kompres oleh piston. Sehingga menghasilkan percikan elektrik pada ruang mesin pembakaran.

Benda kecil yang dihubungkan ke mesin motor ini memiliki banyak kompenen. Diantaranya: Terminal Busi, Insulator, Ribs, Insulator Tip, Seal, Metal Case, Center Elektroda,dan Side Elektrode.

Meskipun kalian bukan anak bengkel, namun sebagai pemilik kendaraan roda 2 alangkah baiknya untuk mengenali komponen-komponen yang terdapat pada sebuah busi. Walau bentuk busi ini kecil, akan teteapi memiliki kinerja yang diperlukan dalam unit sepeda motor.

Terkadang sebagian pengendara sepeda motor jarang memperhatikan dan merawat busi dengan baik. Padahal mempehatikan busi merupakan hal yang wajib dilakukan, agar performa sepeda motor kalian tetap terjaga.

Jika terjadi masalah pada Busi Motor kalian, ada baiknya untuk memeriksanya terlebih dahulu sebelum mengganti dengan busi baru. Lalu apa saja hal yang harus diperhatikan agar kinerja busi tak bermasalah.

Dengan melihat fisik busi, setidaknya kalian harus tau sesuatu yang terjadi pada busi motor. Biasanya masalah yang terjadi Pada Busi Motor dapat dilihat dari kerak, overheat atau cacat, dan kerak hitam di ujung insulator. Jika fisik busi kalian mengalami hal diatas, saya sarankan untuk menggantinya dengan busi baru.

Selain dengan melihat fisik busi, kalian juga bisa cek performa busi dengan cara mengendarai motor tersebut. Apabila saat menarik gas dengan kecepatan tinggi akan terasa suara mesin patah-patah seperti karbulator kotor. Kemudian tenaga terasa hilang, apalagi ketika melewati tanjakan.

Ketika mesin motor sulit dinyalakan, itu juga berkemungkinan besar busi tersebut sudah mulai menurun kinerjanya. Penyebab sulitnya mesin motor menyala, karena pengapian yang dihasilkan dari busi mulai terganggu kinerjanya.

Cara Merawat Busi Motor Agar Tahan Lama

Semua barang yang pakai terus menerus, pastinya akan rusak atau memerlukan ganti dengan yang baru. Begitu juga busi motor, cepat atau lambat, pasti harus diganti agar memaksimalkan performas sepeda motor kalian.

Namun mengganti dalam waktu dekat juga sangat disayangkan. Jadi alangkah baiknya merawat busi motor kalian dengan baik, agar umrunya agak lama alias awet. Berikut yang harus di perhatikan dalam merawat busi motor.

  • Jangan merendam busi dialam bensin
  • Jangan menggosok dengan kertas amplas pada bagian elektroda
  • Jangan membersihkan busi ketika motor baru dipake (tunggu beberapa jam atau ada baikbnnya dibersihkan sebelum motor digunakan)
  • Siram kepala busi dengan sedikit bensin
  • Bersihkan kerak dengan sikat kawat secara perlahan
  • Keringkan dan lap busi dengan baik

Tips Mengganti Busi Baru

Apabila busi motor harus diganti, jangan salah membeli busi. Belilah busi motor dengan kualitas baik, yang sesuai dengan kendaraan motor kalian. Penggunaan busi yang berkualitas standar saran dari pabrik motor kalian.

Semoga artikel diatas bermanfaat dan dapat membantu menyelesaikan seputar masalah busi yang kalian alami.

Posting Komentar untuk " Masalah dan Cara Merawat Busi Motor Agar Awet"