BBM Bermotor Pertalite Vs Premium, Mana Yang Lebih Bagus



Informasi Dunia Motor - Bahan bakar minyak kendaraan bermotor ada beberapa varian seperti contohnya Premium, Pertalite , Pertamax. Dari masing-masing jenis tersebut memiliki tingkat kelebihan untuk kinerja sepeda motor yang kita gunakan. Untuk jenis pertamax menurut saya tidak perlu diragukan lagi, karena dari harga yang jauh lebih mahal membuktikan bahwa kualitasnya yang tak perlu diragukan lagi.
sumber poto: sumsel.tribunnews.com
Yang akan saya bahas disini adalah mengenai pertalite atau premium yang sering menjadi banyak pertanyaan dari masyarakat luas, bagus dan baik mana antara pertalite vs premium? Mengapa hal ini sering dipertanyakan oleh banyak orang? Padahal jika kita mengingat dari harga jual, pertalite jauh lebih mahal Rp. 1.000 /liternya, jadi seharusnya pertalite yang lebih baik dibandingkan dengan premium.

Pertanyaan ini berawal dari kasus yang terjadi di Pekanbaru pada tahun 2018 yang dimuat di harian https://otomotif.bisnis.com, tentang salah satu warga yang cemas dan khawatir kendaraannya cepat rusak jika menggunakan bahan bakar minyak jenis pertalite. Sebut saja Renny Rahayu warga Pekanbaru yang khawatir dengan BBM jenis pertalite karena salah satu bengkel langganan mengatakan bahwa premium lebih bagus daripada pertalite.

Setelah ditelusuri lebih dalam ternyata pengguna yang mengalami kerusakan motor akibat bahan bakar minyak jenis pertalite. Kemungkinan besar membeli pertalite di penjual eceran yang sudah sering melakukan kecurangan terhadap pembeli. Setelah motornya diperiksa, ternyata pertalite yang dibeli terdapat kandungan air (dicampur dengan air). Kasus seperti ini tidak hanya terjadi kepada pengguna pertalite saja, bahkan pengguna premium lebih sering mendapatkan hal serupa, seperti dicampurnya dengan minyak tanah dan lain sebagainya. Yang pasti akan berdampak buruk terhadap kendaraan sepeda motor yang anda miliki.

Untuk mengantisipasi hal seperti ini, banyak pihak dan bengkel yang menyarankan untuk selalu membeli jenis BBM apapun di SPBU dibanding membeli di penjual eceran, karena selalu ada aja penjual curang yang bisa memberikan kerugian kepada mesin kendaraan kita.

Premium

Premium adalah jenis BBM paling murah yang sering digunakan oleh masyarakat pengguna kendaraan. Jenis premium ini berwarna kuning jernih dan memiliki oktan angka di 88, menjadi bahan bakar minyak dengan oktan terendah dibanding dengan bahan bakar minyak lainnya.

Bagi kalian pengguna jenis BBM premium, usahakan menggunakan jenis BBM ini di kendaraan dengan kompresi rendah. Dengan begitu akan jauh lebih baik dibanding dengan menggunakan kompresi tinggi, karena akan menyebabkan knocking yang mempengaruhi tenaga kendaraan anda berkurang, serta bahan bakar akan terasa boros dalam penggunaannya.

Pertalite

Pertalite memiliki warna hijau terang dengan angka oktan di 90, lebih tinggi 2 angka dibandingkan premium. Bahan bakar minyak pertalite cocok digunakan untuk sepeda motor dengan kompresi tinggi, yang lebih baik dibanding menggunakan premium.

Harga Pertalite lebih mahal dengan selisih dengan kisaran Rp. 1.000,- dan memastikan pertalite lebih baik dibandingkan dengan premium. Namun bukan berarti premium kurang bagus, karena masing-masing jenis BBM, jika dengan penggunaan baik akan menghasilkan kinerja yang baik juga.

Baca Juga: Perbandingan Suku Cadang Sepeda Motor OEM vs Aftermarket
loading...

0 Response to "BBM Bermotor Pertalite Vs Premium, Mana Yang Lebih Bagus"

Posting Komentar