Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Membeli Motor Dengan Cara Cash? Ikuti Tips Berikut

TIPS MEMBELI MOTOR BARU - Memiliki unit sepeda motor idaman, bisa dilakukan dengan berbagai cara. bisa membeli secara tunai, kredit, atau over kredit. Namun sejauh ini hal yang paling sering dilakukan untuk memiliki unit kuda besi ini adalah dengan cara mengangsur/kredit.

Apabila menghitung simulasi kredit motor, memiliki unit motor dengan cara mengangsur jatuhnya akan lebih mahal dibanding dengan membeli cash. Semakin lama tenor waktu dalam mengangsur unit sepeda motor, maka jumlah total yang anda keluarkan akan semakin tinggi.

Tenor Waktu Yang Umum Dalam Mengangsur Unit Sepeda Motor

  • 11x Angsuran
  • 17x angsuran
  • 23x Angsuran, dan
  • 35x Angsuran

Dari keempat tenor waktu tersebut, tenor waktu yang sering dipilih adalah 35x angsuran. Biasanya para calon kredit motor melihat dari tabel angsuran, dengan waktu 3 tahun mengangsur "jumlah angsuran perbulannya cukup ringan". 

Tetapi jika anda simulasikan dari total uang yang harus dikeluarkan dari awal. Itu cukup lumayan besar, namun kebanyakan dari pemikiran kita adalah nilai angsuran perbulannya yang cukup terjangkau. Jadi daripada kita mengambil tenor waktu yang singkat, tapi kita terasa beban untuk membayar angsuran setiap bulannya.

Bagi sebagian orang yang memiliki simpanan uang atau tabungan di Bank, dan ingin membeli unit motor secara cash. Anda harus perhatikan beberapa tips membeli motor secara cash yang akan saya bahas di bawah ini.

Tips Membeli Motor Secara Tunai

Apabila membeli unit motor secara cash akan menghindari beban anda setiap bulannya, karena anda tidak akan merasa dikejar-kejar kewajiban yang harus dibayar setiap bulannya.

Berikut tips yang harus anda lakukan saat ingin membeli motor dengan cara tunai

  • Pastikan terlebih dahulu tipe yang anda minati
  • Kunjungi dealer resmi terdekat
  • Tanya harga dan promo tipe motor idaman anda
  • Tanyakan apakah unit motornya Ready Stok atau harus Inden
  • Tanya berapa lama proses STNK ( standar sih kurang lebih 14 hari kerja )
  • Jika sudah deal dengan motor idaman anda. Lakukan pembayaran di cashier dealer resmi tersebut (perhatikan nota pembayaran sebelum meninggalkan counter kasir), hindari membayar ke sales/marketing
  • Ketika motor sudah dikirim ke alamat anda. Periksalah kondisi unit motor barumu, jangan tanda tangan serah terima sebelum anda pastikan kondisi unit benar-benar tidak ada masalah.

"Itu merupakan cara mudah dan aman dalam melakukan pembelian unit sepeda motor secara cash."

Membeli motor secara cash, terkadang tidak selalu mendapatkan jalan mulus. Saat para konsumen ingin membeli unit motor, banyak dealer atau marketing yang menolak pembelian unit motor secara cash dengan berbagai alasan.

Mengapa hal ini bisa terjadi? Dikutip dari laman www.merdeka.com dengan judul "Konsumen sering ditolak beli motor secara tunai". Hal ini merupakan permainan dari orang-orang dealer atau marketing. Mereka mementingkan komisi yang akan didapat jika menjual unit sepeda motor secara tunai.

Maka dari itu terkadang para marketing menolak pembelian unit motor secara cash dan menawarkan alternatif dengan cara kredit dengan berbagai alasan. Soal keahlian marketing dalam berbicara itu adalah skill mereka, jadi apabila anda ditolak di dealer yang satu, "cobalah untuk mendatangi dealer lain." Jangan sampai niat anda mau membeli cash malah batal karena ter iming-iming bonus dll.

Gunakan STCK Resmi

Ketika unit sepeda motor yang anda beli dan sudah sampai dirumah. Motor kalian belum memiliki STNK plat nomor, meski membeli secara cash juga. Sebelum STNK dan plat nomor keluar dari pihak dealer. Anda bisa menggunakan STCK Resmi (Surat Tanda Coba Kendaraan) atau lebih familiar disebut dengan kata ompang motor.

Informasi Tambahan

Apabila kalian yang memiliki niat untuk kredit unit sepeda motor. Baca syarat kredit motor dijamin ACC dengan mengisi formulir dan menyiapkan dokumen lengkap yang diperlukan sebagai persyaratan. Apabila Anda bingung atau ingin mengetahui prosedur kredit motor, Anda bisa menghubungi dealer atau salah satu marketing motor yang siap membantu anda.

Anda bisa memilih lembaga pembiayaan kepemilikan unit sepeda motor. Hampir semua dealer resmi sudah bekerjasama dengan perusahan leasing-leasing indonesia. Seperti Adira Finance, Oto Finance, FIF, CS Finance, Wom Finance, BAF, dan masih banyak perusahaan leasing yang tersebar luar di Indonesia.

Wisata Bandung
Wisata Bandung Admin Asli Orang Bandung Yang Hobi Mengeksplor Berbagai Tempat Menarik di Bandung. Follow My Instagram @saptalan60 / @wisatabandung_

Posting Komentar untuk "Membeli Motor Dengan Cara Cash? Ikuti Tips Berikut"

loading...