Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Dampak Menggunakan Velg Ban Motor Dengan Yang Lebih Kecil


Variasi Motor - Bagi seorang bikers merubah gaya motor kesayangan akan memberikan nilai kepuasan tersendiri. Seperti memodifikasi atau merubah bagian yang di kehadaki agar tampil berbeda. Seperti contoh merubah ukuran velg jari-jari atau merubah bentuk stang, dan lain sebagainya.

Yang akan mimin bahas di artikel kali ini adalah kekurangan dan dampak negatif jika kalian merubah velg ban motor menjadi ukuan lebih kecil. Atau sering disebut dengan kata ban cacing, yang sudah menjadi hal umum bagi sebagian biker.

Sebenarnya merubah ukuran velg motor dari ukuran aslinya ke ukuran yang lebih kecil banyak dampak negatifnya. Tetapi hal ini tidak mengurangi niat-niat pecinta motor dalam merubah ukuran velg ban motornya mereka agar terlihat keren, dan memiliki tarikan yang lebih kencang.

Ada kelebihan yang cukup keren dalam merubah ukuran velg ban motor motor menjadi ban cacing.  Namun pada kesempatan kali ini mimin akan bahas kekurangannya terlebih dahulu.

Rawan Kecelakaan


Penggunaan ban cacing, memiliki resiko kecelakaan yang lebih tinggi dijalanan. Pengendara motor dengan velg ban cacing akan mudah tergelincir saat mengendarain dengan kecepatan tinggi.

Biasanya penyebab ini dikarena velg ban cacing tidak mampu menyeimbangi bobot body motor. Maka dari itu pabrikan sudah menyesuaikan bentuk velg ban masing-masing dengan bobot motor tersebut.

Tidak Kuat Membawa Beban Berat


Motor dengan velg ban kecil atau ban cacing tidak mampu membawa beban dari yang seharunya. Sebagai contoh ketika motor kalian menggunakan velg bawaan dari pabrik, mungkin masih kuat menahan beban 3 orang. 

Nah, akan beda cerita jika motor kalian sudah di variasi menjadi ban cacing. Mungkin untuk menahan beban 2 orang pun sangat rawan. Dengan velg ukuran kecil harus menahan beban berat diatasnya, maka dari kebanyakan pemilik motor dengan ban cacing jarang mau membonceng orang.

Velg Mudah Rusak


Apabila kalian menggunakan motor ban cacing dijalanan yang berbatu atau jalan rusak penuh lubang. Kemugkinan velg cepat rusak lebih tinggi, karena velg dengan ukuran yang lebih kecil tidak sanggup terlalu sering kena benturan.

Menggunakan motor ban cacing dengan sering di jalanan yang rusak. Tidak menutupi kemungkinan velg akan cepat rusak atau mungkin velg bisa bengkok serta bisa omblak.

Dengan begitu kalian harus sering service velg motor dan pastinya harus mengeluarkan terus biaya.

Kena Razia


Ketika ada razia motor, tak hanya pengguna motor dengan knalpot racing yang mengeluarkan bunyi bising saja bisa kena tilang polisi. Para pengguna ban cacing juga kerap kena tilang, dalam mengurangi penggunaan ban motor cacing. Guna dalam mengurangi pontensi kecelakaan dijalan raya.

Mudah Tergelincir


Motor dengan ban cacing akan mudah tergelincir saat dibelokan, karena ketikan miring kurang seimbang. Selain itu, motor dengan velg ban cacing juga mudah tergelincir jika melaju di jalanan yang basah.

Bagaimana setelah mengetahui dampak negatif dalam menggunakan velg ban cacing?

Semua kembali kepada kalian masing-masing, mau velg ban normal atau ban cacing. Karena selera bukan hal yang perlu diperdebatkan.. betul tidak?

Demikian beberapa hal kekeurangan menggunakan ban cacing. Tidak hanya kekurangannya saja, penggunaan velg ban cacing juga memiliki kelebihannya.

Semoga artikel diatas bermanfaat dan dapat memberikan wawasan bagi pecinta motor dimanapun berada. Apabila artikel tersebut bermanfaat jangan lupa untuk dishare ke sosial media kalian. Agar mimin lebih semangat dalam menuliskan artikel seputar informasi dunia motor.

Sampai bertemu diartike selanjutnya..!

Posting Komentar untuk "Dampak Menggunakan Velg Ban Motor Dengan Yang Lebih Kecil"