Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Cek BPKB Palsu Untuk Menghindari Motor Bodong

Informasi Dunia Motor - Motor bodong alias motor yang tidak memiliki surat menyurat makin marak diperjualbelikan di forum-forum online atau di berbagai sosial media. Banyak suka duka serta resiko yang akan terjadi ke dapannya jika memaksakan niat untuk membeli motor bodong atau motor STNK only yang banyak dijual di pasaran, bahkan sangat mudah untuk dicari melakukan pembeliannya.
Cara Cek BPKB Palsu Untuk Menghindari Motor Bodong
Banyak hal yang harus dipertimbangkan secara matang matang saat ingin membeli motor bodong, terlebih melakukan pembelian motor bodong itu termasuk tindak pidana seperti yang sudah ditulis pada kitab undang-udang pasal 480 yang berbunyi tentang Penadah Hasil Curian dengan ancaman 4 tahun penjara. Mendengar hukuman penjara 4 tahun itu sangat miris, karena 4 tahun itu bukan jangka waktu yang sebentar.

Namun demi kebutuhan lain, contoh kita memerlukan motor murah untuk angkutan ke gunung atau untuk didaerah pelosok yang  memang aman menggunakan sepeda motor bodong. Kebanyakan dari kita pasti membeli motor bodong atau STNK Only. Terlepas dari motor bodong banyak oknum yang bertindak curang dengan mengkali BPKB palsu, jadi seolah-olah motor bodong yang mereka jual adalah motor yang memiliki BPKB only.

Disini saya selaku admin blog ramdan.id akan sedikit memberikan tips kepada kalian semua cara menghindari motor dengan bpkp palsu dan cara cek keaslian dari BPKB tersebut.

1. Gunakan Lampu Ultra Violet

Jika kalian ingin mengecek BPKP asli, salah satu cara yaitu dengan menggunakan bantuan sinar lampu ultraviolet. Yang mana dengan bantuan lampu ultra violet ini akan menampilkan garis merah merah menyala pada bagian pembatas buku BPKB. Tak hanya itu saja, dengan bantuan lampu ultra violet juga akan menampilkan garis-garis kecil yang akan mengelilingi logo kepolisian. Dan hologram logo kepolisian akan tampil terlihat jelas dengan  bantuan sinar lampu ultra violet ini.

2. Cek Nomor Seri


Cara ini bida dijadikan patokan untuk sebuah pengecekan BPKB Asli, namun cara ini menjadi hal yang mesti kalian lakukan dengan cermat. Ada baiknya mengikuti peribahasa "Lebih baik mencegah daripada mengobati" Jadi untuk mencegah hal yang tidak diinginkan, kalian bisa cek nomor seri. Perhatikan pada kolom

Kolom Merek: Menampilkan merek/brand nama sepeda motor seperti: Honda, Yamaha, Suzuki dan lain sebagainya.
Kolom Type: Menampilkan nomor seri kendaraan (tidak akan menampilkan nama merek motor)

3. Tinta Merah


Pada data identitas pemilik, nomor seri kendaraan akan bertuliskan dengan menggunakan tinta hitam. Namun beberapa nomor seri kendaraan dibagian identitas pemilik ada yang menggunakan tinta berwarna merah. Apabila hal ini terjadi pada bpkp kendaraan ingin kalian beli, itu ada 2 kemungkinan. Antara BPKB aslinya hilang dan membuat ulang secara resmi ke pihak kepolisian, tapi bisa juga BPKB bertuliskan tinta merah itu tidak resmi dan hasil akal-akalan para oknum.

4. Cek Nomor Seri Rangka


Pada dasarnya nomor rangka yang tertera pada kendaraan sepada motor akan tertulis rapi dan sejajar dari depan kebelakang. Namun tidak menutupi kemungkinan para oknum pintar bisa memalsukan nomor rangka. Hal yang perlu kalian waspadai adalah jika terdapat salah satu angka pada nomor seri tersebut miring atau beda dengan angka lainnya, maka kalian patut curiga dengan nomor rangka tersebut.

Sedikit masukan dari saya, ada baiknya jika kalin membeli motor bekas dari orang yang tidak dikenal, mintalah bantuan kepada teman atau kerabat kalian yang mengerti dengan hal seputar jual beli motor.

Demikian artikel yang saya tulis dengan judul "Cara Cek BPKB Palsu Untuk Menghindari Motor Bodong", semoga artikel ini bermanfaat dan memberikan wawasan luas bagi kalian yang belum tau. Jika menurut kalian tulisan jelek saya ini bisa memberikan pengetahuan dan memberikan manfaat bagi orang banyak, silahkan bagikan artikel ini ke sosial media kalian agar makin banyak orang mengetahui cara cek bpkp asli atau palsu.
Baca Juga: Berkeliaran Cepu di Jual Motor STNK Only
Travel & Food Blogger Bandung
Travel & Food Blogger Bandung Admin Asli Orang Bandung Yang Hobi Mengeksplor Berbagai Tempat Menarik di Bandung. Follow My Instagram @saptalan60 / @inibandung.id

Posting Komentar untuk "Cara Cek BPKB Palsu Untuk Menghindari Motor Bodong"

loading...