Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab Rem Cakram Sering Macet

Informasi Dunia Motor • Penyebab Rem Cakram Sering Macet - Dari fungsi rem cakram lebih memiliki kelebihan dibanding dengan rem tromol, rem cakram bisa menghentikan laju roda lebih cepat. Namun agar rem cakram berfungsi dengan baik, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam perawatannya. Supaya rem cakram pada kendaraan sepeda motor kita senantiasa bekerja dengan baik dalam menghentikan putaran roda atau dalam mengurangi kecepatan.
Penyebab Rem Cakram Sering Macet
Penyebab Rem Cakram Sering Macet
Banyak hal yang akan menyebabkan rem cakram sepeda motor tidak berfungsi dengan baik, dikarenakan kelalaian kita dalam merawatnya. Dari kelalaian tersebut bukan tidak mungkin bisa menyebabkan kecelakaan terhadap si pengendara. Seperti halnya yang sering terjadi pada sepeda motor yang menggunakan rem cakram, salah satunya adalah rem cakram suka macet atau mengunci sendiri saat motor melaju.

Tulisan di bawah ini mimin ramdan.id akan menuliskan beberapa Penyebab Utama Rem Cakram Sering Macet atau Mengunci. Silahkan simak dan baca dengan seksama agar kamu tahu penyebabnya, dengan begitu kamu bisa mengatasinya dengan perawatan yang maksimal.

1. Karat Pada Piringan

Penyebab Rem Cakram Sering Macet

Jika sepeda motor lama tak digunakan, bukan tidak mungkin piringan cakram akan berkarat. Karat tersebut terlihat seperti buka masalah, namun jika karat lumayan tebal dan membandel bisa menyebabkan cakram macet atau mengunci sendiri ketika kita sedang berkendara di jalan raya.

Apabila kamu kamu ingin menggunakan motor yang lama tidak digunakan alangkah baiknya cek terlebih dahulu, dan bisa bersihkan karat tersebut dengan kertas ampelas. Dengan  begitu kamu bisa terhindar dari hal yang tidak diinginkan saat berkendara.

2. Perhatikan Piston

Penyebab Rem Cakram Sering Macet

Sering kali terjadinya rem cakram macet atau mengunci disaat berkendara disebabkan oleh piston yang kotor. Jadi disaat kita menarik rem, piston tersebut akan menekan piringan dan mengunci karena dia tidak berfungsi baik dan tidak kembali keposisi semula.

Jadi pastikan piston harus bersih, kamu bisa perhatikan bagian ini saat ingin berkendara, terlebih saat kamu akan menggunakan sepeda motor tersebut dalam jarak tempuh yang jauh.

3. Piringan Yang Bengkok

Penyebab Rem Cakram Sering Macet

Kadang Penyebab Rem Cakram Sering Macet bisa dikarenakan oleh piringan yang bengkok, jika piringan bengkok mencolok, mungkin bisa terlihat dengan jelas dan kamu bisa ganti dengan  piringan yang baru. Beda cerita dengan piringan bengkok halus yang tak kasat mata, terlihat seperti normal, namun piringan tersebut sudah bengkok. Jika sudah begini tentunya repot, karena rem cakram tidak akan berfungsi sebagaimana mestinya.

Penyebab piringan bengkok bisa saja dikarenakan motor terjatuh, atau karena berbagai benturan selama kamu berkendara. Jadi bukan hanya velg motor aja yang akan bengkok, pirangan cakrampubn bisa mengalami hal yang sama. Untuk mengatasi hal seperti ini, kamu harus ganti dengan piringan cakram yang baru.

Nah, sobat dunia otomotif itulah diantara beberapa penyebab utama yang sering terjadi pada sepeda motor yang menggunakan rem cakram. Semoga tulisan tersebut bermanfaat dan menambah wawasan luas bagi semua orang. Ikuti terus blog ramdan.id untuk menemukan berbagai informasi seputar dunia motor.

Posting Komentar untuk "Penyebab Rem Cakram Sering Macet"