Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Penyebab dan Cara Mengatasi Rem Motor Tromol Berdecit

Informasi Dunia Motor • Penyebab dan Cara Mengatasi Rem Motor Tromol Berdecit - Pernah dong mengalami ketika kita sedang berkendara kemudian rem tromol kita berbunyi seperti decit tikus yang sangat keras.  Hal seperti ini sangat menyebalkan serta mengganggu pendengaran kita bahkan mengganggu kenyamanan pengendara lain.
Penyebab dan Cara Mengatasi Rem Motor Tromol Berdecit
Penyebab dan Cara Mengatasi Rem Motor Tromol Berdecit
Banyak hal yang dapat menyebabkan rem motor belakang mengeluarkan suara decitan. Mau bunyinya pelan atau kencang, itu sama saja sangat mengganggu terlebih kita berkendara di jalan raya yang banyak berbarengan dengan pengendara lain. Itu sudah pasti akan membuat kita risih dan merasa gak enak terhadap pengguna jalan lainnya jika mengalami hal seperti itu.

Diantaranya banyak penyebab rem motor belakang mengeluarkan bunyi decitan saya admin ramdan.id akan menuliskan beberapa penyebab yang paling sering mengakibatkan suara rem tromol belakang berdecit.

1. Kampas Rem Habis

Penyebab dan Cara Mengatasi Rem Motor Tromol Berdecit

Semakin sering menginjak rem belakang saat berkendara, lambat laun kampas motor akan semakin tipis dan terkikis habis. Jika sudah terkikis habis biasa ketika kita menggunakan rem belakang tersebut akan mengeluarkan suara decit yang sudah pasti suaranya itu sangat mengganggu.

Cara Mengatasinya: Jika rem kampas sudah tipis/habis mau tak mau kamu harus segera menggantinya dengan rem kampas ori baru. Selain menjaga keselamatan saat berkendara, hal ini juga akan memberikan kenyamanan kepada kita dan pengendara lain.

2. Kampas Kotor

Penyebab dan Cara Mengatasi Rem Motor Tromol Berdecit
Berkendara disaat musim hujan atau musim kemarau itu akan menghasilkan kampas rem kotor, debu yang menempel atau kotoran pasir saat berkendara di musim hujan, lama-lama akan menjadi kotoran yang menempel pada kampas dan mengakibatkan decitan suara yang bikin pendengaran sakit.

Cara Mengatasinya: Kamu bisa mengatasi hal seperti ini di rumah dengan cara membongkar kampas rem belakang dan membersihkannya dengan kertas amplas. Untuk perawatan kampas rem sendiri kamu bisa lakukan secara rutin dengan cara menyemprot angin bertekanan tinggi, kamu bias menggunakan kompresor.

3. Kampas Terkena Air

Penyebab dan Cara Mengatasi Rem Motor Tromol Berdecit
Pernah mengalami saat motor kamu selesai dicuci dan saat digunakan kembali, terdapat bunyi cit-cit halus saat menggunakan rem tersebut. Penyebab hal seperti itu biasa cairan yang masuk ke selah-selah rumah kampas mengakibatkan cairan tersebut bertemu dengan debu dan menghasilkan suara yang tentunya gak enak didengar.

Cara Mengatasinya: Kasus seperti ini biasanya tidak berlangsung lama, kamu cukup tunggu sampai cairan benar-benar kering dan daerah kampas tersebut. Maka semuanya akan berjalan normal lagi, tanpa ada bunyi decitan yang mengganggu pendengaran kita.

Itu adalah penyebab rem motor tromol mengeluarkan suara tak enak yang paling sering terjadi pada rem motor belakang kita. Kemungkinan sebagian besar dari kalian sudah mengetahui penyebab dan cara mengatasi suara decitan rem motor tromol, namun tidak menutup diantara kalian ada juga yang kurang mengetahuinya. Maka dari situ saya tuliskan artikel ini bagi kalian yang  kurang tau atau sedang mencari  hal serupa penyebab bunyi decitan pada rem motor tromol.

Baiklah sobat otomotif indonesia sampat sini artikel pada kali ini, semoga artikel tak bermakna yang saya buat bisa memberikan pengetahuan dan wawasan buat bagi kalian semua. Apabila menurut kalian artikel ini bermanfaat, jangan lupa berbagi ke media sosial kamu" agar makin banyak orang tau dan memiliki wawasan yang luas.
Baca Juga: Cara Memperbaiki Karburator Motor di Rumah
Travel & Food Blogger Bandung
Travel & Food Blogger Bandung Admin Asli Orang Bandung Yang Hobi Mengeksplor Berbagai Tempat Menarik di Bandung. Follow My Instagram @saptalan60 / @inibandung.id

Posting Komentar untuk "Penyebab dan Cara Mengatasi Rem Motor Tromol Berdecit"

loading...