Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Memperbaiki Karburator Motor di Rumah

Informasi Dunia Motor - Cara Memperbaiki Karburator Motor di Rumah - Bagi seseorang yang tidak pernah membongkar karburator, akan mebuat takut dan bingung saat ingin membongkarnay di rumah. Tetapi dengan mengikuti beberapa prosedur dasar yang relatif sederhana dan mudah, kamu bisa memperbaiki karburator sendiri di rumah tanpa harus ke bengkel.
Cara Memperbaiki Karburator Motor di Rumah
Cara Memperbaiki Karburator Motor di Rumah
Sebelum akan membongkar karburator motor kamu, terlebih dahulu persiapkan peralatan keamanan, seperti kacamata, topi, dan sarung tangan. Cara membongkar karburator ini bisa kamu lakukan diluar rumah/ruangan, bisa di teras atau dihalaman rumah yang luas. Hindari membongkar karburator didalam ruangan rumah.

Alat

Dalam hal ini, alat yang diperlukan adalah tipe dasar. Namun, driver sekrup khususnya harus dalam kondisi baru karena mereka akan digunakan untuk melepaskan jet kuningan, dan ini dapat dengan mudah rusak jika driver tidak menemukan dengan baik.

Persyaratan Alat Khas

  1. Driver sekrup, blade lurus, dan kepala silang (ukuran satu dan dua)
  2. Perangkat soket standar dan metrik
  3. Aturan baja (dengan pengukuran metrik dan standar)
  4. Bahan kimia: WD40 atau yang setara dengannya, pembersih karburator

Mulai Pembongkaran

Karburator umumnya dipertahankan oleh dua baut atau penjepit melingkar pada manifold inlet. Pertama-tama kamu harus mematikan pasokan bahan bakar utama dan mengeringkan ruang apung (beberapa karburator memiliki sekrup kecil di dasar ruang dengan selang untuk tujuan ini - lihat 'A'). Pada sebagian besar karburator, lebih mudah untuk melepaskan kabel kontrol dan geser (B) setelah karburator dilepas dari mesin.
Cara Memperbaiki Karburator Motor di Rumah
Hapus ruang apung. Bagian pertama dari proses pembongkaran (dengan asumsi slide telah dihapus) adalah untuk menghapus ruang pelampung. Mengubah karburator terbalik, kamu biasanya akan melihat empat sekrup mempertahankan ruang mengambang (beberapa unit memiliki tiga sekrup dan yang lainnya klip kawat). Setelah sekrup dilepas, bilik akan membutuhkan ketukan tajam dengan pegangan plastik dari obeng untuk melepaskannya dari paking.

Membersihkan Sistem Pelampung

Apabila kamu membersihkan float sistem, kamu akan dapat melihat jet utama pelampung, jet primer (juga dikenal sebagai pilot jet), dan pipa peluap. Karena pelampung agak kecil mereka harus dibersihkan terlebih dahulu.
Cara Memperbaiki Karburator Motor di Rumah
Pelampung bisa dibuat dari plastik atau kuningan, pelampung harus berputar bebas pada pin yang ditekan (biasanya dipasang pada karburator Mikuni dan Keihin). Harus sangat berhati-hati saat melepas pin ini karena dudukan aluminium yang menahannya mudah patah (dukung satu sisi saat menekan pin keluar).

Melepaskan dan Membersihkan Jet

Mayoritas karburator sepeda klasik akan memanfaatkan sistem dua jet. Jet primer (A) mengontrol aliran bahan bakar dari bukaan throttle idle ke sepertiga dan jet utama (B) dua pertiga sisanya.
Cara Memperbaiki Karburator Motor di Rumah
Karena ukurannya yang relatif kecil, jet primer sering terhalang atau dibatasi dan ini akan menyebabkan kondisi berjalan yang tidak memadai (bensin tidak memadai) pada periode pembukaan throttle awal. Biasanya sepeda akan membutuhkan sejumlah kecil choke untuk mengatasi, atau meniadakan, masalah ini: perbaikannya adalah membersihkan jet secara menyeluruh atau menggantinya sama sekali.

Sekrup Penyesuaian Udara

Salah satu benda lain yang akan dikeluarkan dari karburator adalah sekrup penyetel udara atau bahan bakar. Untuk mengidentifikasi jenis yang dipasang pada karburator tertentu, Anda dapat memeriksa lokasi relatif sekrup ke slide. Jika sekrup ada di sisi filter udara slide, itu adalah sekrup pengatur udara; sebaliknya, jika dipasang ke sisi mesin, itu adalah sekrup pengatur bahan bakar.
Cara Memperbaiki Karburator Motor di Rumah

Amati Posisi Sekrup.

Sekrup tirus ini memengaruhi kekuatan campuran selama sepertiga pertama pembukaan throttle dan bekerja bersama dengan jet primer. Sebelum melepas, Anda harus memeriksa posisi sekrup. Sekrup akan disetel pada sejumlah belokan dari tertutup sepenuhnya (diputar sepenuhnya ke kiri: searah jarum jam), dan harus dimasukkan kembali ke posisi ini saat dipasang kembali.

Membersihkan dan Merakit Ulang

  • Bersihkan dan periksa
Setelah melepaskan semua bagian komponen karburator, Anda harus membersihkan dan memeriksa masing-masing. Selain itu, setiap lubang di badan karburator harus disiram dengan pembersih karburator dan dihembuskan melalui udara terkompresi (pelindung mata harus dikenakan selama prosedur ini karena cairan dan / atau partikel kotoran akan dikeluarkan dari berbagai lubang / pengeboran).

Reassembly hanyalah sebuah pembalikan dari proses pembongkaran. Namun, sebelum ruang apung dipasang kembali, ketinggian apung harus diperiksa. Seperti yang dibahas pada tahap diagnosis , pengaturan ketinggian float akan memengaruhi campuran dan kondisi mesin. Tingginya dapat disesuaikan dengan sedikit menekuk tang logam kecil yang memberikan tekanan pada katup jarum. Membengkokkan tang ke katup akan memotong pengiriman bahan bakar ke dalam ruang lebih cepat, dan karenanya mengurangi ketinggian bahan bakar. Manual bengkel akan merinci ketinggian yang diperlukan yang diukur (dengan karburator terbalik) dari permukaan paking ke bagian atas pelampung menggunakan penggaris.

  • Melindungi Bagian
Semua bagian harus dilapisi dengan WD40 (atau yang setara) sebelum dipasang kembali. Jika karburator tidak akan dipasang kembali ke sepeda untuk beberapa waktu (selama renovasi, misalnya) mereka harus ditempatkan di dalam kantong plastik untuk penyimpanan.
  • Mencari setelan
Setelah merombak karburator, seringkali perlu untuk menyempurnakan sekrup penyetel udara. Dengan karburator yang dipasang kembali dan mesin dihidupkan, Anda harus membiarkan mesin memanas hingga suhu kerja normal sebelum melakukan penyesuaian. Penyesuaian harus dilakukan secara bertahap seperempat putaran. Jika mesin mempercepat, penyesuaian itu menguntungkan, jika memperlambat penyesuaian harus dibalik.
Baca Juga: 5 Trik Membuat Motor Kamu Lebih Cepat dan Bertenaga
Travel & Food Blogger Bandung
Travel & Food Blogger Bandung Admin Asli Orang Bandung Yang Hobi Mengeksplor Berbagai Tempat Menarik di Bandung. Follow My Instagram @saptalan60 / @inibandung.id

2 komentar untuk "Cara Memperbaiki Karburator Motor di Rumah"

  1. halo, trims atas informasinya, betul-betul brilian sekali. diharapkan dapat berkhasiat juga buat yang lain, jangan lupa kunjungi laman saya di info otomotif terbaru

    BalasHapus
loading...