Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Perawatan Terbaik Agar Motor Tetap Mantul

Informasi Dunia Motor • 5 Perawatan Terbaik Agar Motor Tetap Mantul - Ketika berbicara mengenai sepeda motor, sedikit perawatan sendiri bisa menghemat uang dan membantu kamu tetap aman dan nyaman saat menggunakan kuda besi yang dimiliki. Rasa percaya diri akan selalu muncul setiap kali kita mengendarai sepeda yang semuanya baik-baik saja dan berjalan normal.
5 Perawatan Terbaik Agar Motor Tetap Mantul
5 Perawatan Terbaik Agar Motor Tetap Mantul
Dalam praktiknya, persyaratan masing-masing tugas ini dapat bervariasi tergantung pada sepeda motor yang kamu miliki. Konsultasikan manual pemilik kamu sebelum mulai mendidik diri sendiri tentang hal-hal seperti lokasi filter yang tersumbat, dan bagian mana yang harus kamu perbaiki dengan bener.

Berikut trik merawat dan menjaga sepeda motor agar tetep berjalan normal aman serta nyaman. Dilansir geico.com, inilah tips dan trik yang bisa kamu lakukan di rumah.

1. Ganti Oli Secara Rutin

Ganti Oli Secara Rutin

Agar mesin kamu tetap bekerja dengan benar dan maksimal, kamu harus mengganti oli setelah beberapa ribu mil. Periksa manual pemilik untuk mengetahui seberapa sering kamu harus ganti oli. Untuk memulai, kamu harus mengendarai sepeda selama sekitar lima menit hanya untuk menghangatkannya. "Ini menurunkan viskositas minyak sehingga lebih mudah mengalir.

Perawatan ganti oli adalah hal yang paling wajib harus kamu lakukan, agar sepeda motor kamu tetap berjalan normal dan jarang mengalami kendala.

2. Ganti Filter Udara

Ganti Filter Udara

Jika saringan udara sepeda motor kamu yang mencegah serpihan dari mesin yang tersumbat dan kotor, performa sepeda kamu akan terganggu. “Mengubah saringan udara tidak selalu merupakan tugas yang sulit, tetapi itu bisa memakan waktu yang lumayan lama. Kadang-kadang filter udara mudah diakses, tetapi kamu mungkin harus membuka tangki bensin dan bagian lain untuk sampai ke sana. Setelah kamu masuk ke kotak udara, keluarkan dan ganti filter udara. Kemudian pasang kembali setelah melakukan perawatan.

3. Ganti Pendingin

Ganti Pendingin

Saat tiba waktunya untuk mengganti pendingin yang mencegah mesin kamu dari panas berlebih atau beku atau terkorosi. lepaskan semua bodywork yang diperlukan untuk mendapatkan akses ke baut saluran pendingin, kemudian letakkan panci pembuangan di bawah mesin dan lepaskan baut. Untuk memastikan semuanya terkuras, lepaskan tutup radiator.

Setelah proses selesai, pasang kembali baut drain. Gunakan corong untuk mengisi ulang sistem dengan jumlah cairan pendingin yang sesuai. Pasang kembali tutup radiator dan pasang kembali semua bodywork yang telah kamu lepaskan. Nyalakan mesin dan biarkan mesin memanas selama beberapa menit sebelum memotong kunci kontak. Setelah mesin mendingin, lepaskan tutup radiator dan periksa level cairan pendingin. Tambahkan lebih banyak cairan pendingin, jika perlu, untuk mencapai jumlah yang ditentukan dalam manual pemilik.

4. Jaga Rantai Bersih

Jaga Rantai Bersih

Sebagian besar rantai yang digunakan adalah rantai cincin-O, mereka membutuhkan pembersihan yang lebih sedikit dibandingkan rantai tanpa segel gaya lama. Kamu harus membersihkan rantai saat mulai terkena kotoran, atau pada jarak tempuh yang direkomendasikan oleh dealer atau bengkel resmi.

Ketika kamu melakukannya, angkat roda belakang sepeda kamu dan letakkan transmisi dalam posisi netral, yang memungkinkan pergerakan rantai yang mudah. Gunakan sikat bulu yang lembut untuk mendapatkan pasir dan kotoran dari rantai. Untuk melumasi rantai, putar roda belakang saat kamu menerapkan pelumasan rantai yang diformulasikan khusus. "Tujuannya adalah untuk melapisi rantai secara merata, untuk membuat pelumas menembus melewati cincin-O, ke dalam sambungan," kata Olesen. Biarkan rantai duduk selama lima menit, lalu bersihkan kelebihan pelumas dengan handuk kertas.

5. Pertahankan Tekanan Dan Tapak Ban

Pertahankan Tekanan Dan Tapak Ban

Untuk memeriksa tekanan ban, cari batang katup di bagian dalam roda, lepaskan tutupnya, dan tekan pengukur tekanan udara ke batang katup. Bandingkan tekanannya dengan apa yang seharusnya, informasi itu akan ditulis di dinding samping ban. Gunakan kompresor udara (tersedia di banyak pompa bensin) untuk mengisi ban dengan jumlah pound per inci persegi (PSI) yang benar.

Keluarkan udara jika kamu mengembang terlalu banyak. Pasang kembali tutup batang katup setelah selesai. Untuk melihat kinerja tapak kamu, periksa indikator keausan ban  kenop karet kecil yang berada di lekukan ban. Jika kenop berada pada tingkat yang sama dengan karet yang memenuhi jalan, saatnya untuk penggantian ban pekerjaan untuk mekanik profesional.

Baca Juga: Cara Memperbaiki Karburator Motor di Rumah

Posting Komentar untuk "5 Perawatan Terbaik Agar Motor Tetap Mantul"