Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Berapa Lama Oli Motor Harus Diganti? Ini Ulasan Lengkapnya

Informasi Dunia Motor • Berapa Lama Oli Motor Harus Diganti? Ini Ulasan Lengkapnya - Perawatan sepeda motor sangat penting untuk memastikan bahwa kuda besi anda tidak hanya akan bekerja pada level tinggi secara konsisten. Dan tentunya akan memberikan umur mesin lebih awet dan terjaga.
Berapa Lama Oli Motor Harus Diganti? Ini Ulasan Lengkapnya
source poto cscmotorcycles.com
Salah satu area paling integral dari ini adalah memahami oli mesin apa yang anda gunakan dan kapan anda harus mengantinya. Ini mungkin tampak seperti pertanyaan yang cukup sederhana, tetapi masalah mengganti oli mesin anda sedikit lebih kompleks daripada yang pertama kali lihat. Pada artikel ini saya berharap bisa menjelaskan beberapa area ini seperti yang dilansir dari finol.ie

Apabila motor kalian sering digunakan setiap hari dengan jarak yang jauh, usahakan mengganti oli dengan waktu kurang lebih 3 minggu sekali. Terlebih jika motor anda digunakan sebagai ojek online, yang menggunakan motor dalam jarak lama setiap harinya. Namun apabila motor kalian digunakan dengan jarak tempuh yang dekat atau lebih jarang digunakan. Anda bisa mengganti minyak oli 1 bulan sekali, yang penting perawatan oli motor harus benar-benar di jaga dan jangan anggap sepel.

Apa Fungsi Performa Oli Mesin?

Pertama, sangat penting untuk memiliki pemahaman dasar tentang oli mesin. Mesin sepeda motor mengandung banyak bagian bergerak yang secara konstan memiliki logam yang bersentuhan dengan potongan logam lainnya. Seiring waktu, gesekan ini dapat menyebabkan logam aus, mengurangi kinerja dan menyebabkan potongan kecil logam mencemari mesin. Oli menjadi cairan penting yang melumasi bagian-bagian ini, dan mencegah dari berbagai kerusakan besar.

Mengapa Minyak Perlu Diganti?

Minyak oli adalah cairan yang sangat tahan lama dan sangat tahan terhadap kerusakan. Tetapi secara bertahap akan menurun seiring berjalannya waktu karena hidrokarbon yang dibuatnya terurai menjadi bahan kimia lain.

Salah satu penyebab utama degradasi oli adalah panas dan sesi berkendara dalam waktu panjang, yang dapat menyebabkan oli menguap dan rusak. Faktor lain yang perlu dipertimbangkan adalah kontaminasi minyak, yang dapat disebabkan karena sejumlah faktor luar. Seperti partikulat yang memasuki mesin melalui filter, dapat menyebabkan kontaminasi.
Berapa Lama Oli Motor Harus Diganti

Pengajuan logam dari mesin dan penyebab kimia dapat menyebabkan oli yang terkontaminasi juga. Oli yang mengalami degradasi tidak akan berfungsi sebaik minyak yang bersih dengan kontaminan yang menyebabkan endapan dalam mesin dan komponen yang merusak. Penggantian oli dapat meringankan masalah ini. source finol.ie

Itulah hal penting yang bisa memberikan sedikit pengetahuan seputar oli seperda motor anda. Jangan sampai hal yang sepele mengakibatkan kerusalan patal pada sepeda motor anda. Mungkin hanya itu yang bisa saya sampaikan pada tulisan kali ini, semoga bermanfaat dan berikan wawasan luas bagi para pecinta dunia motor. Jika menurut anda bermanfaat silahkan bagikan ke akun sosial media kalian, agar banyak orang yang mengetahui informasinya.
Baca Juga: 5 Perawatan Terbaik Agar Motor Tetap Mantul
Travel & Food Blogger Bandung
Travel & Food Blogger Bandung Admin Asli Orang Bandung Yang Hobi Mengeksplor Berbagai Tempat Menarik di Bandung. Follow My Instagram @saptalan60 / @inibandung.id

Posting Komentar untuk "Berapa Lama Oli Motor Harus Diganti? Ini Ulasan Lengkapnya"

loading...