Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Penyebab dan Cara Mengatasi Aki Motor Soak

CARA MERAWAT MOTOR - Aki atau accu merupakan komponen yang ada pada kendaraan salah satunya pada sepeda motor. Alat ini berfungsi untuk berbagai kelistrikan pada sepeda motor, seperti menghidupkan motor dengan starter, membunyikan klakson, dan membuat lampu-lampu menyala.

Aki motor juga berperan penting pada kendaraan kalian. Apa saja fungsi aki motor, penyebab serta cara mengatasi aki motor yang soak?

Jika dijelaskan secara rinci, akan panjang sekali yang harus dijelaskan dalam membahas fungsi aki motor. Yang pasti fungsi aki motor memberikan kenyamanan dan kenyamanan saat berkendara. Seperti, menyalakan mesin motor dengan menggunakan tombol starter, mensuplai daya arus ke dashmoard panel, mensuplai daya ke ECU atau Engine Control Unit, dan masih banyak fungsi aki lainnya.

Aki Basah dan Aki Kering

Para pemilik kendaraan, pastinya sudah tau dengan jenis aki motor. Jenis accu motor ada 2, yaitu accu basah dan accu kering. Lantas apa perbedaan dari kedua jenis aki tersebut?

Aki basah menggunakan wadah transparan, agar para pemilik kendaraan motor tahu kondisi air aki atau cairan elektrolit. Air aki ini berfungsi sebagai perendam cell-cell aki yang ada pada jenis aki basah.

Biasakan kalian untuk mengontrol jenis aki basah ini. Jangan sampai air aki pada motor kalian habis atau kering. Dengan mengecek air kondisi air aki, akan memberikan kinerja stabil saat berkendara.

Kemudian, apa yang dimaksud dengan aki kering?

Aki kering merupakan komponen kelistrikan yang tidak menggunakan air aki. Beda dengan jenis aki basah, aki kering ini tidak memiliki lubang-lubang pengisian refill air aki.

Keuntungan menggunakan aki motor kering adalah tidak begitu ribet dalam perawatannya. Aki kering menggunakan Elektroda dalam bentuk gel. Jadi ketika gel Elektroda aki habis, kalian harus menggantinya dengan aki baru.

Hal Yang Akan Terjadi Jika Aki Motor Soak

Apabila accu motor kalian sudah mengalami soak, akan banyak kendala pada kendaraan yang kalian gunakan. Diantaranya hal yang disebabkan oleh aki soak adalah, sulit di starter, suara klakson tidak jelas, lampu-lampu akan redup.

Tentunya hal seperti ini akan membuat kurang nyaman saat berkendara.

Cara Mengatasi Agar Aki/accu Motor Tidak Soak

Kinerja aki motor akan berkurang seiring dengan seringnya sepeda motor tersebut digunakan. Maka dari itu para pemilik motor harus merawat kondisi aki tersebut dengan baik, guna menghindari terjadi aki soak.

Penyebab Aki Motor Soak

Apanya yang dapat menyebabkan motor aki soak? Ada banyak hal yang menyebabkan aki motor soak, diantaranya.

  1. Tidak merawat aki dengan baik
  2. Tidak pernah melakukan service atau pengecekan
  3. Mengguna starter secara paksa
  4. Membiarkan air aki sampai kering (untuk aki basah)
  5. Penggunaan aki dengan waktu yang terlalu lama
  6. Kiprok bermasalah

Lalu, bagaimana cara agar aki motor tidak mudah soak? Ikuti tips di bawah ini!

1. Panaskan Motor Pada Pagi Hari

Sebelum motor kalian digunakan untuk beraktivitas, biasakan pagi harinya motor kalian dipanaskan. Agar mesin yang dingin akibat tidak digunakan semalaman hangat, dan jangan langsung menggunakan motor yang mesinnya dingin secara langsung.

Untuk memanaskan mesin motor, cukup dengan waktu 10 - 15 menit. Ketika kalian mau memanaskan mesin motor, usahakan hidupkan mesin motor dengan menggunakan selahan/engkol motor. Jangan langsung menggunkan starter, karena hal seperti ini bisa menyebabkan aki motor menjadi soak.

2. Jangan Paksa Starter

Motor yang sering digunakan, pastinya kinerja aki pun akan kurang optimal. Ketika aki motor kalian mengalami masalah, kadang akan sulit untuk di starter. Dan parahnya ketika susah di starter, kebanyakan dari pengguna motor, terus memaksakan menggunakan starter. Padahal hal seperti ini akan membuat aki motor kalian soak.

Jadi ketika kinerja motor kalian kurang optimal di bagian aki/accu dan susah di starter. Jangan terus memaksakan untuk menghidupkan motor dengan cara starter. Alternatif terbaik, kalian bisa menghidupkan mesin motor dengan selahan kaki.

3. Jangan Menggunakan Aksesoris Berlebihan

Menggunakan aksesoris motor memberikan kesan elegan pada kendaraan kalian. Terutama pada motor modifikasi, penggunaan aksesoris yang berhubungan dengan kinerja aki akan membuat lebih keren. Seperti penggunaan lampu variasi, menggunakan klakson besar yang bukan bawaannya, dan lain sebagainya.

Penggunaan aksesoris berlebih bisa mudah membuat aki motor menjadi soak. jadi tipsnya agar aki motor tidak mudah soak, adalah menggunkan aksesoris yang berhubungan dengan aki sewajarnya.

4. Lakukan Perawatan Teratur

Biasanya aki pada kendaraan motor bisa digunakan 1 - 2 tahun, tergantung dari cara pakai dan cara merawat motor kalian. Tapi waktu itu tidak menjadi patokan, karena bisa saja dalam masa pakai 1 tahun kinerja aki motor sudah tidak berfungsi dengan baik. Dan hal seperti ini tidak boleh dibiarkan, karena bisa saja motor mogok disaat sedang dikendarai. Yang Disebabkan karena aki motor sudah soak.

Nah, dengan begini. Melakukan perawatan dan pengecekan secara teratur menjadi sebuah kewajiban. Agar motor yang kalian gunakan, akinya tidak tiba-tiba soak.

Wisata Bandung
Wisata Bandung Admin Asli Orang Bandung Yang Hobi Mengeksplor Berbagai Tempat Menarik di Bandung. Follow My Instagram @saptalan60 / @wisatabandung_

Posting Komentar untuk "Penyebab dan Cara Mengatasi Aki Motor Soak"

loading...