Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Kenali Penyebab Mesin Motor Cepat Panas

Penyebab Overheat - Sepeda motor yang biasa digunakan untuk aktivitas sehari-hari dengan waktu panjang. Akan menyebabkan kinerja motor berkurang.  Apalagi jika sang pemilikin kendaraan, tidak melakukan perawatan dengan baik'.

Sebelum kendaraan bermotor kita gunakan untuk beraktivitas. Tentunya mesin motor harus dipanaskan terlebih dahulu agar tidak menyebabkan aki motor soak. Dengan catatan jika motor kalian lama digunakan atau baru digunakan pada pagi hari. Apabila motor hanya berhenti dalam waktu yang singkat, mesin tidak perlu dipanaskan lagi.

Dengan cara memanaskan mesin motor, itu akan membuat performa mesin motor lebih bagus. Cara seperti ini juga diperlukan agar oli akan melumasi ke bagina-bagian kompenen motr dengan baik. Namun pernah tidak kalian mengalami kondisi mesin motor panas berlebih atau Overheat?

Saya rasa, kalian sebagai pemilik sepeda motor pasti pernah mengalami Overheat (mesin terlalu panas). Jika motor kalian mengalami Overheat, harus segera mengambil tindakan agar tidak menyebabkan hal yang parah. Seperti performa yang kurang maksimal dan semakin menurun, bahkan mesin motor yang cepat panas bisa mengakitbatkan mesin mesin menjadi jebol.

Lalu apa yang harus dilakukan ketika kita mengalami masalah Overheat?

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan mesin motor cepat panas. Dan ketika mengalami hal seperti ini, kalian harus segera melakukan service di bengkel resmi. Penyebab yang sering terjadi ketika mesin motor kalian cepat panas atau panas berlebih.

Kipas Pendingin Rusak

Ada beberapa motor dengan sistem pendingin radiator yang dilengkapi cooling fan. Kipas Pendingin ini digerakan oleh tenaga listrik, dan akan bekerja ketika mesin motor panas melebihi batas normal. Ketika kipas pendingin ini rusak, bisa menyebabkan overheat.

Ganti Oli Tidak Teratur

Oli sebagai pelumas pada komponen-komponen motor berperan sangat penting. Telat ganti oli dapat menyebabkan overheat atau mesin panas berlebih. Efek dari ganti oli yang tidak teratur menjadi salah satu penyebab mesin motor panas berlebih.

Dari itu kalian harus menyimpan jadwal berapa lama oli harus ganti agar tidak terlewat. Mengganti oli secara teratur akan memberikan performa motor kalian tetap baik.

Penggunaan Jarak Jauh

Berkendara motor dengan jarak tempuh yang jauh, ditambah dengan medan jalan yang terjal. Membuat kinerja motor harus ekstra, Hal ini dapat menyebabkan mesin motor lebih cepat panas.

Penyebab ini bisa diatasi dengan melakukan service dan ganti oli. Agar terhindar dari mesin panas yang berlebih.

Penggunaan BBM Tidak Tepat

Penggunaan bahan bakar minyak yang tidak tepat akan mempengaruhi kinerja motor. Bahkan hal seperti ini bisa berujung pada overheat atau mesin motor mudah panas.

Sebagai pemilik kendaraan motor, kalian harus memilih bahan bakar minyak yang sesuai. Dari itu kalian harus mengetahui perbedaan BBM dan memilih yang tepat untuk motor kesayangan.

Membawa Beban Berlebih

Sama layaknya menggunakan motor dengan jarak tempuh yang jauh. Membawa beban berat secara terus menerus dapat menyebabkan mesin motor cepat panas. Karena mesin dituntun mengeluarkan kinerja yang ekstra dari selayaknya.

Terkadang hal seperti ini jarang disadari oleh pemilik kendaraan bermotor. Padahal jika terus menerus membawa beban berat. Selain menyebabkan overheat, hal seperti ini dapat merusak sparepart motor yang bisa berakibat fatal.

Itulah beberapa hal yang bisa merugikan pemilik motor. Karena jika tidak memperhatikan secara baik dalam penggunaan sepeda motor. Dapat menyebabkan mesin motor cepat panas atau yang lebih dikenal dengan istilah overheat.

Wisata Bandung
Wisata Bandung Admin Asli Orang Bandung Yang Hobi Mengeksplor Berbagai Tempat Menarik di Bandung. Follow My Instagram @saptalan60 / @wisatabandung_

Posting Komentar untuk "Kenali Penyebab Mesin Motor Cepat Panas"

loading...