Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

7 Tips Agar Motor Kalian Irit Bensin

Sebagai pemilik kendaraan bermotor, pengeluaran uang bensin sudah menjadi hal wajib yang menjadi pengeluaran rutin. Pengeluaran uang bensin tergantung dari seberapa seringnya kendaraan kalian digunakan. Semakin sering kendaraan motor kalian digunakan, otomatis pengeluaran untuk membeli bensin pasti ikut meningkat.

Dari situlah banyak dari pemilik kendaraan mencari informasi cara mengirit BBM motor agar pengeluaran uang bensin tidak membengkak dan tidak menjadi beban berat setiap bulannya.

Sebenarnya banyak penyebab borosnya bensin pada motor kalian. Tak jarang penyebab utama borosnya bensin pada kendaraan motor, disebabkan oleh ulah kita sendiri. Entah dari perawatan yang kurang baik atau mungkin kita tidak memperhatikan komponen-komponen pada kendaraan motor yang mengakibatkan BBM menjadi boros.

Pada kesempatan kali ini, saya akan menuliskan 7 tips agar motor kesayangan kalian di rumah irit bensin. Dengan begitu anggaran uang bensin bulanan tidak begitu besar.

1. Hindari Berkendara Dengan Ngebut

Sudah menjadi rahasia umum, apabila pengendara menggunakan motor secara kebut-kebutan. Menyebabkan penggunaan bahan bakar meningkat, dibandingkan dengan berkendara sewajarnya.

Dengan berkendara secara santai akan membuat penggunaan bahan bakar lebih irit. Disamping lebih irit, berkendaraan dengan santai juga akan jauh memberikan kenyamanan dan keselamatan.

2. Atur Klep Secara Normal

Dengan mengatur kerapatan klep secara normal akan membuat penggunaan bahan bakar minyak irit. Atur agar bukanya lebih sempit, jadi bensin kalian jauh lebih irit dari biasanya. Tetapi perlu di ingat, jangan terlalu sempit mengatur bukaan klep. Karena klep yang terlalu sempit akan membuat motor kalian kurang bertenaga.

3. Tekanan Angin Pada Ban

Tekananan angin yang normal pada ban motor memberikan kenyamanan kita saat berkendara. Ternyata tak hanya kenyamanan saja yang bisa didapat. Dengan tekanan angin ban yang pas akan membuat bensin lebih irit. Pasalnya kerana ketika ban motor kita kurang tekanan angin, tarikan motor akan lebih berat, dan mengakibatkan bahan bakar lebih boros.

4. Penggunaan Oli Yang Baik dan Benar

Oli sangat berpengaruh pada komponen-kompenen motor. Dengan penggunaan oli yang baik dan benar akan membuat bahan bakar menjadi irit. Gunakan oli yang berkualitas agar gesekan pada komponen kendaraan kalian bekerja secara maksimal.

Selain menggunakan oli berkualitas, kalian juga harus memperhatikan berapa lama oli motor harus diganti agar kinerja motor kalian tetap baik.

5. Cek Penggunaan Busi

Cek kualitas busi pada kendaraan motor kalian secara berkala. Selain memberikan kenyamanan saat berkendara, pengecekan busi secara berkala juga akan menghindari hal-hal yang tidak diinginkan pada kendaraan sepeda motor kesayangan kalian.

Dengan mengetahui cara merawatat busi motor yang baik dan bener, akan berefek pada penggunaan bahan bakar kalian lebih awet.

6. Atur Pelampung Karburator

Selanjutya cara untuk menghemat bahan bakar minyak pada kendaraan motor kalian adalah dengan cara mengatur pelampung karburator. Fungsi pelampung karburator adalah mengatur seberapa banyak bensin yang akan masuk ke dalam reservoir.

Agar membuat irit bensin motor dengan baik, kalian bisa menurunkan pelampung karburator dengan jarak 1-2 mm. Usahakan juga kalian mengerti cara memperbaiki karburator agar kinerjanya tetap baik.

7. Service Motor Secara Rutin

Service kendaraan bermotor kalian di  bengkel resmi secara berkala. Tujuan dari service adalah untuk mengecek kondisi mesin dan komponen-komponen motor.

Dengan melakukan service secara rutin juga akan terhindar dari penggunaan bahan bakar yang boros. Kondisi motor yang jarang di service bisa menyebabkan filter dan karburator yang kotor tidak terdeteksi secara baik. Dan sudah pasti hal seperti ini akan membuat penggunaan BBM jauh lebih boros dari seharusnya.

Nah itulah cara mengirit BBM motor agar pengeluaran uang bensin kalian lebih irit. Karena tanpa disadari pengeluaran bulanan bensin juga bisa membengkak jika tidak diatasi dengan benar.

Untuk penggunaan BBM kalian bisa menggunakan dan membeli BBM Pertalit atau Premium di SPBU resmi agar terhindar dari BBM oplosan.

Travel & Food Blogger Bandung
Travel & Food Blogger Bandung Admin Asli Orang Bandung Yang Hobi Mengeksplor Berbagai Tempat Menarik di Bandung. Follow My Instagram @saptalan60 / @inibandung.id

Posting Komentar untuk "7 Tips Agar Motor Kalian Irit Bensin"

loading...